my Clock hihihi new tau..see that!


Myspace Clocks at WishAFriend.com

Senin, 02 Juli 2007

.::Pengaruh Media Bagi Remaja Islam::.

Pengaruh Media Bagi Remaja Islam


Semakin canggihnya dunia teknologi, semakin canggih pula cara orang menyampaikan informasi. Dengan semaraknya media informasi seperti sekarang ini, di satu sisi memberikan kita dampak yang positif, tapi di sisi lain justru menjadi bumerang bagi keberlangsungan hidup para generasi muda Islam, terutama para remaja muslimah. Dengan adanya informasi yang semakin mudah didapatkan, membuat mudah pula kita mengetahui kejadian yang sangat jauh dari kehidupan kita. Untuk mengetahui keadaan Amerika hari ini, tidak usah pergi ke Amerika, atau menelpon George W Bush atau pusat informasi di Amerika, tapi dengan berbaring di atas kasur dalam kamar, sambil memegang remote control televisi, maka kita sudah tahu kejadian hari ini di Amerika. Itulah salah satu bukti canggihnya teknologi masa kini.
Tapi, maraknya kekerasan, pelecehan, hilangnya tata krama, berubah drastisnya budaya, lunturnya norma agama dan tindakan-tindakan negatif lainnya, juga tidak lepas dari peran media yang hanya mencari keuntungan, tanpa memikirkan bagaimana generasi muda.

Saat ini, serbuan pesan media semakin marak, bahkan sudah dimulai semenjak umurmu masih bocah. Coba deh, kamu bisa renungkan kembali, berapa banyak iklan televisi yang menjajakan mainan, sereal makan pagi, permen, dan sebagainya. Dan iklan-iklan tersebut ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap anak-anak. Buktinya, begitu melihat iklan di media, betapa seorang bocah meraung-raung keras di depan toko karena menginginkan apa yang dimiliki ‘anak manis’ yang dia lihat dalam iklan. Ternyata, ketika masih bocah kita sudah diatur dan dipengaruhi sedemikian rupa oleh media, bahkan hingga usia tua. Tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini kita didikte tentang apa yang harus kita makan, minum, sabun mandi apa yang harus dipakai, sabun cuci, shampo, bedak, alat pembersih lantai sampai dengan alat pembersih organ tubuh yang paling vital sudah didektikan. Dari obat nyamuk sampai obat kuat, dari obat penumbuh rambut sampai dengan perontok rambut sudah ada dalam media yang menjejali pikiran kita setiap hari.

Kaum remaja seperti kamu sekarang ini, adalah salah satu kelompok target yang utama bagi media karena kaum remaja adalah konsumen terbesar bagi industri mereka. So, nggak heran banget kalau banyak di antara kamu sampai nguras isi dompet hanya untuk membeli apa yang ditampilkan di media. Sudah berapa banyak uangmu yang terkuras hanya untuk membeli kaset dan CD, menyewa video, menonton film layar lebar, busana yang lagi ngetrend, HP model terbaru, dan sebagainya. So, tidaklah heran kalau semua stasiun televisi, radio, internet, iklan papan, nggak bakalan pernah mau ketinggalan menyiarkan dan memamerkan tentang apa yang harus kamu miliki.
Dijadikannya remaja sebagai target utama media massa, karena mereka tahu bahwa remaja adalah kelompok yang paling mudah terpengaruh. Dan hal ini terjadi, karena para kaum muda masih terlihat dalam dua hal:

1. Minimnya ilmu pengetahuan dan pengalaman seiring dengan usia dan fase perkembangannya
2. Sikap menerima dengan mudah apa yang datang kepadanya, dan selalu menganggap bahwa sesuatu yang bekilau atau indah itu adalah kebenaran tanpa pikir panjang dan matang.

Tapi, seperti yang kita ulas di awal tadi, bahwa tidak semuanya media itu melakukan tipu muslihat, karena ada juga sebagian dari pesan media itu yang benar-benar baik dan sangat kita butuhkan.
Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilihnya demi kebaikan dirimu, keluargamu, bangsamu, dan agamamu.

0 komentar: